Agen Terpercaya
 
 
 
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Musik Nusantara / Ceritakan di Sini

perutbulet

Guru Besar Semprot
Thread Starter
UG-FR
Daftar
25 Sep 2014
Post
2.293
Like diterima
1.844
Lokasi
WASIS
Bimabet
Lah, emang bahasa manado..
"ngana" yang berarti "kamu".

*iya...kamu...
:kangen:
 

perutbulet

Guru Besar Semprot
Thread Starter
UG-FR
Daftar
25 Sep 2014
Post
2.293
Like diterima
1.844
Lokasi
WASIS
Entahlah apa yang terjadi dengan itu semua.. Mungkin juga waktu itu si pencipta berasal dari manado. Atau kampung asalnya, atau apalah lainnya..

Menunggu yang tau deh tentang sejarah lagu POCO POCO ini, dan kenapa sudah ada tarianya.
 

gorengan kingkong

Tukang Semprot
Daftar
2 Apr 2015
Post
1.094
Like diterima
56
Lokasi
kandang monyet
Ebeg merupakan bentuk kesenian tari
daerah Banyumas yang menggunakan
boneka kuda yang terbuat dari
anyaman bambu dan kepalanya diberi
ijuk sebagai rambut. Tarian Ebeg di
daerah Banyumas menggambarkan
prajurit perang yang sedang
menunggang kuda. Gerak tari yang
menggambarkan kegagahan
diperagakan oleh pemain Ebeg.


Selain itu Ebeg dianggap sebagai seni
budaya yang benar-benar asli dari
Jawa Banyumasan mengingat
didalamnya sama sekali tidak ada
pengaruh dari budaya lain. Berbeda
dengan Wayang yang merupakan
apresiasi budaya Hindu India dengan
berbagai tokoh-tokohnya. Ebeg sama
sekali tidak menceritakan tokoh
tertentu dan tidak terpengaruhi
agama tertentu, baik Hindu maupun
Islam. Bahkan dalam lagu-lagunya
justru banyak menceritakan tentang
kehidupan masyarakat tradisional,
terkadang berisi pantun, wejangan
hidup dan menceritakan tentang
kesenian Ebeg itu sendiri. Lagu yang
dinyanyikan dalam pertunjukan Ebeg
hampir keseluruhan menggunakan
bahasa Jawa Banyumasan atau biasa
disebut Ngapak lengkap dengan logat
khasnya. Jarang ada lagu Ebeg yang
menggunakan lirik bahasa Jawa
Mataraman dan bahasa selain
Banyumasan. Beberapa contoh lagu-
lagu dalam Ebeg yang sering
dinyanyikan adalah Sekar Gadung,
Eling-Eling, Ricik-Ricik Banyumasan,
Tole-Tole, Waru Doyong, Ana Maning
Modele Wong Purbalingga dan lain-
lain.


Di dalam suatu sajian Ebeg akan
melalui satu adegan yang unik yang
biasanya menjadi acara pamungkas
dalam pertunjukan Ebeg. Atraksi
tersebut sebagaimana dikenal dalam
bahasa Banyumasan dengan istilah
Babak Janturan. Pemain akan
"Mendem" atau "Wuru"(kesurupan
dalam Bahasa Banyumasan dan mulai
melakukan atraksi-atraksi unik.
Bentuk atraksi tersebut seperti
halnya: makan Beling atau pecahan
kaca, makan dedaunan yang belum
matang, makan daging ayam yang
masih hidup, berlagak seperti
monyet, ular, dan lain-lain. Atraksi
in trance ini hanya dimainkan oleh
pemain yang memiliki "indang" atau
"pembantu". Masing-masing pemain
memiliki varian indang yang berbeda.
Di antaranya indang kethek, yang
mengantarkan pemain pada kondisi in
trance meniru perilaku monyet.
Indang jaran, indang mayid, indang
macan dan lain-lain.


Di Banyumas, biasanya ebeg
ditampilkan dengan iringan musik
calung banyumasan atau gamelan
banyumasan. Nayaga atau pengiring
sudah menyatu dengan para
penarinya. Awalnya memang
pertunjukan Ebeg biasanya diiringi
dengan alat musik yang disebut
Bendhe . Alat musik ini memiliki ciri
fisik seperti gong akan tetapi
berukuran lebih kecil terbuat dari
logam. Kemudian peralatan musik lain
adalah Gendhing Banyumasan
pengiring seperti kendang, saron,
kenong, gong dan terompet

*sumber engkong google
 

gorengan kingkong

Tukang Semprot
Daftar
2 Apr 2015
Post
1.094
Like diterima
56
Lokasi
kandang monyet
peranan musik gamelan sangat berpengaruh dlm kesenian ebeg terutama kendang sebagai pengatur ritme alat musik lainnya
pada saat prosesi janturan atau wuru atau kesurupan,pukulan kendang begitu sangat menghentak dan sangat energik dibandingkan saat awal pertunjukan dan inilah yg menjadikan pemain jd smakin "gila".
ada lagi keunikan kendang,jika prosesi kesurupan mau berakhir maka satu persatu pemain akan disembuhkan oleh pemimpin pertunjukan dan kadang ada yg mau sembuh tp harus dturutin permintaan misal pngn makan beling atau pengin minum air kembang dan ada jga yg pngin kendang (ah entah apa itu namanya yg jelas adegan seperti nyium kendang)
 

perutbulet

Guru Besar Semprot
Thread Starter
UG-FR
Daftar
25 Sep 2014
Post
2.293
Like diterima
1.844
Lokasi
WASIS
Magis dalam sebuah kesenian. Sepertinya alunan musik pengiring bisa didengar dan berpengaruh kepada yang "menyurupi" ya...
 

perutbulet

Guru Besar Semprot
Thread Starter
UG-FR
Daftar
25 Sep 2014
Post
2.293
Like diterima
1.844
Lokasi
WASIS

perutbulet

Guru Besar Semprot
Thread Starter
UG-FR
Daftar
25 Sep 2014
Post
2.293
Like diterima
1.844
Lokasi
WASIS
Ada nggak ya musik yang sensasinya mistik banget pas dengarnya...??
 

perutbulet

Guru Besar Semprot
Thread Starter
UG-FR
Daftar
25 Sep 2014
Post
2.293
Like diterima
1.844
Lokasi
WASIS
Makasih bantuan edit pejwan nya..
haduh tritku mangkrak.. Ayo cari bahan..
 

ujang14

Pendekar Semprot
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
1. Tifa
Tifa adalah alat musik yang berasal dari maluku dan papua, Tifa mirip seperti gendang cara dimainkan adalah dengan dipukul. Terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. bentuknya pun biasanya dibuat dengan ukiran. tiap suku di maluku dan papua memiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing.
Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian Perang, Tarian Tradisional Asmat, dan Tarian Gatsi.

Alat musik tradisional Tifa ini, banyak digunakan oleh penduduk Papua dan Maluku.
Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.


2. Fu
Terbuat dari kerang dan ditiup untuk mengeluarkan suara.

 

Xx-GM-xX

Pertapa Semprot
Daftar
5 Mar 2013
Post
4.424
Like diterima
158
Lokasi
goa garba
Owh jadi namanya Fu. Itu keren banget sepertinya. Di Jawa ada yang jual gak ya?
 

KodokModus

Guru Semprot
UG-FR
Daftar
4 Mar 2016
Post
633
Like diterima
52
Lokasi
Sky full of star
Ane boleh ikutan ya om om semua... :Peace:

Ane mau ngenalin salah satu alat musik khas daerah ane.. Sumatra barat

PUPUIK BATANG PADI

Simpel namun sakral begitu lah orang minang menyebutnya.. ane juga gag terlalu asal usulnya tapi alat musik ini bener2 sederhana... Seperti namanya alat musik ini dari batang padi yang sudah tua dan berbuku buku biar suara nya makin nyaring makin keren makin mantap... Dan corong nya memakai daun kepala yg masih bener2 hijau (bukan yg baru tumbuh bewarna kuning itu ya).. pupuik batang padi ini bener2 simpel mainin nya.. Cuma tinggal tiup dan suara nyaring nya kluar... Untuk mengatur nada nya cukup tutup buka corong yg dari daun kelapa tadi dan memainkan tiupan napas... Tapi nggak semua orang lo om yg bisa mainin alat musik ini.. Katanya nech ya Walaupun udah belajar keras kalo tidak atas ijin datuk atau kepala suku adat gag bakal bisa..

Alat musik ini biasa nya ada pas acara adat seperti pesta panen, pergantian kepala adat dan masih banyak dech.. Suara dari alat musik ini sangat bikin meriah acara.. Apalagi ngiringin alat musik lain dan tari2an khas daerah ane... Pokoknya heboh... :jempol:

Sekian dlu dari ane.. Kalo ada orang 1 daerah sama ane yg tau juga tentang alat musik ini.. Mungkin bisa nambahin... :ampun:
 

ujang14

Pendekar Semprot
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Bimabet
Nice share om kodok...:jempol:

Mudah2an ada lg yang menambahkan jenis musik tradisional nusantara....
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Top
We are now part of LS Media Ltd